Home » » BIOGRAFI IMAM AL-HAKIM

BIOGRAFI IMAM AL-HAKIM



1.    Nama, nasab dan kurun hidupnya
            Abu ‘Abdullah Muhammad bin 'Abdullah bin Muhammad bin Hamdun bin Hakam bin Nu’aim bin al-Bayyi al-dabbi al-Tahmani al-Naisaburi atau yang lebih dikenal sebagai Abu ‘Abdullah al-Hakim al-Nisaburi atau Ibn al-Bayyi’ atau al-Hakim Abu ‘Abdullah  lahir di Naisabur pada hari senin 12 Rabi’ul Awal 321 H.
Ayah al-hakim, Abdullah bin Hammad bin Hamdun adalah seorang pejuang yang dermawan dan ahli ibadah yang sangat loyal terhadap penguasa bani Saman yang menguasai daerah Samaniyyah. Dalam catatan sejarah daerah Samaniyah pada abad ke 3 telah melahirkan ahli hadits ternama diantaranya Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Abu Daud, al-Tirmidzi, al-Nasa'I, dan ibn Majah. Di tempat inilah al-Hakim dilahirkan dan dibesarkan. Kondisi sosiokultural ini yang mempengaruhi al-Hakim sebagai seorang pakar hadits abad 4 H
Abu Abdillah Al-hakim menuntut ilmu di mulai semenjak masih kecil melalui berkat bimbingan dan arahan ayah serta paman dari ibunya.Adapun pertama kali dia mendengarkan hadits tahun 330 Hijriyah ketika baru berumur tujuh tahun.Dia mendapatkan hadits secara imla’ dari Abu Hatim Ibnu Hibban pada tahun 334 Hijriyah. Setelah itu, Abu Abdillah Al-hakim melakukan perjalannya mencari ilmu dari Naisaburi ke Irak pada tahun 341 Hijriyah, selang beberapa bulan setelah Isamail As-Shaffar meninggal dunia. Kemudian dia melakukan ibadah haji dan selanjutnya meneruskan perjalannya mencari ilmu kenegeri Khurasan, daerah ma wara’an an-nahri dan lainnya.
Abu Abdillah Al-hakim belajar ilmu qira’at dari Ibnul Imam, Muhammad bin Abu Manshur Ash-Sharam, Abu Abu Ali bin An-Naqqar Al-Kuffi dan Abu Isa Bakkar Al-Baghdadi. Dan, dia belajar tengtang madzhab dari Ibnu Abi Hurairah, Abu Sahal Ash-Shu’luki dan Abu Al-Walid Hisan Bin Muhammad. Al-Hakim sering berdiskusi dengan Al-Ja’labi, Ad-Daruquthni dan yang lain. Selama masa hidupnya (321- 405 H) beliau telah memberikan kotribusi yang cukup besar dalam bidang ilmu hadis, melalui karya monumentalnya Al-Mustadrak ‘ala al- ṣaḥiḥaini.  Beliau meninggal dalam usia 84 tahun, tepatnya pada bulan Shaffar 405 H.
2.    Guru-guru al- Hakim
Adapun para guru Abu Abdillah Al-hakim di naisaburi sendiri jumlahnya mencapai 1000 syaikh. Sedangkan guru-guru yang diperoleh selain dari naisaburi pun kurang lebih 1000 syaikh. Diantara guru-gurunya adalah :
a)      Muhammad bin Ya’qub al-‘A’sam
b)      Muhammad bin Ali Al-Muzakkir
c)      Al-Daruqutni
d)       Ibnu Hibban
e)      Al-Hasan bin Ya’qub Al-Bukhari
f)        Abu Ali Al-Naisaburi
g)      Muhammad bi al-Qasim al-Ataki
h)      Ismail bin Muhammad al-Razi
i)        Abu Ja’far Muhammad bin Muhammad bin Abdillah al-Baghdadi al-Jamal
j)        Ali bin Hamsad al-adl.

3.    Murid-murid al-Hakim
Banyak sekalii murid yang dimiliki oleh al-hakim, di antara murid-murid al-Hakim yang pernah meriwayatkan hadis darinya adalah :
a.      Abu Al-Falah bin Ubay bin al-Fawari
b.      Abu al-A’la al-Wasiti
c.       Muhammad bin Ahmad bin Ya’qub
d.      Abu Zarr al-Hirawi
e.      Abu Ya’la al-Khalili
f.        Abu Bakar al- Baihaqi
g.       Abu al-Qasim al-Qusyairi
h.      Abu Shaleh Al-Muadzin
i.        Az-Zaki Abdul Hamid Al-buhari
j.        Utsman Bin Muhammad Al-Mahmahi
k.       Abu Bakar Ahmad bin Ali Bin Khalaf Asy-Syairazi,  dan masih banyak yang lainnya.

4. Karya-karya al- Hakim
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, al- Hakim adalah salah satu intelektual muslim yang hidup pada aabad 4 H. Beliau termasuk ulama yang memegang komitmen keilmuannya. Di antara kitab-kitab yang pernah di tulis al-Hakim adalah :
a)      Takhrij al-Sahihain
b)      Tarikh al-Naisabur
c)      Fadail al-Imam al-Syafi’i
d)      Fadail al-Syuyukh
e)      Al-‘Ilal
f)       Tarikh ‘Ulama al-Naisabur
g)      Al-Madkhal ila ‘Ilm al-Sahih
h)       Al-Madkal ila al-Iklil, Ma’rifah ‘Ulum al-Hadis,
i)        Al-Muzakkina li Ruwat al-Akhbar

Oleh: Ulah, Ridho dan Ida dan di-edit oleh Wisnu Al-Farisy








0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.