Home » » ADAB BANGUN TIDUR DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH

ADAB BANGUN TIDUR DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH



Didalam kitab Bidayah al-Hidayah, Imam Ghazali telah mengajarkan kepada kita tata cara bangun dari tidur. Hendaklah kita bangun sebelum terbit fajar (azan subuh) dan ketika kita bangun hendaklah kalimat yang paling utama yang kita lafadzkan ialah doa bangun tidur yang berbunyi:

الحمد لله الذي احيانا بعد ما أماتنا واليه النشور, أصبحنا وأصبح الملك لله , والعظمة والسلطان الله, والعزة والقدرة للة ربّ العالمين , أصبحنا على فطرة الاسلام وعلى كلمة الاخلاص, وعلى دين نبينا محمد صلى الله عليه وسلم, وعلى ملة ابينا ابراهيم حنيفا مسلما وما كان من المشركين, اللهم بك أصبحنا وبك أمسينا وبك نحيا وبك نموت وأليك النشور, اللهم أنا نسألك أن تبعثنا في هذا اليوم الى كل خير ونعوذ بك أن يجره احد ألينا . نسألك خير هذا اليوم , وخير ما فيه, ونعوذ بك من شر هذا اليومو وشر ما فيه.

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami, setelah mematikan kami, dan kepadanyalah kami kembali. Kami masuk di waktu pagi, kerajaan adalah milik Alla, keagungan dan kekuasaan adalah milik-Nya, Dial ah Tuhan semesta alam. Kami masuk di waktu pagi dalam kesucian islam, dan pada janji ketulusan dan tetap pada agama nabi Muhammad, juga millah kakek kami Nabi Ibrahim dengan penuh pasrah dan lurus. Dan Ibrahim tidaklah termasuk orang-orang yang musyrik. Ya Allah, karena hendak-Mu kami masuk di waktu pagi dan sore, kami hidup dan mati, dan hanya kepada-Mu tempat kembali. Ya Allah, aku memohon kepada Mu agar engkau gerakkan aku kepada setiap kebaikan di hari ini, aku berlindung kepada-Mu dari melakukan keburukan di hari ini, baik yang kami arahkan kepada seorang muslim, atau diarahkan oleh seorang kepada kami, kami mohon kebaikan yang engkau turunkan pada hari ini, dan kebaikana segala urusan di dalamnya, kami berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, dan keburukan segala urusan di dalamnya.

            Jika engkau memakai pakaianmu hendaklah berniat untuk menutup auratmu sebagai perintah Allah SWT. Berhati-hatilah! Jangan sampai engkau berniat untuk pamer kepada manusia, sebab hal itu dapat menyebabkan kerugiandi akhirat.

            Mungkin inilah yang di sampaikan Imam Ghazali di dalam kitabnya tadi, bahwa ketika bangun tidur itu hendaknya membaca doa bangun tidur dan hendaklah bangun tidur itu sebelum terbit fajar atau sebelum subuh.

Aroma Pemandangan Masjid Agung

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.