Home » » MANUSKRIP AL-QUR'AN DI BANTEN

MANUSKRIP AL-QUR'AN DI BANTEN




Sahabat Wisnoe . . .
Mari belajar manuskrip yuk . . selamat menikmati sajian kami, semoga bermanfaat . . .


Berbagai macam cara telah kami kerahkan untuk mencari data yang valid mengenai manuskrip al-Qur’an yang berada di banten. Mulai dari mencari data melalui internet, maupun data-data yang berada di perpustakaan. Setelah memilah dan meneliti berbagai macam buku yang mengenai tentang hal tersebut, akhirnya kami menemukan kupasan mengenai manuskrip al-Qur’an yang berada di Banten yang ditulis oleh Ali Akbar, M.Hum.

Dalam tulisannya tersebut beliau memaparkan bahwa manuskrip yang ia temukan di Banten berjumlah lima buah Naskah. Dua mushaf di masjid Agung Banten, dua mushaf ditemukan di makam Sultan Maulana Yusuf, dan satu buah dipemakaman Pangeran Mas.
Berikut ini deskripsi tentang mushaf-mushaf tersebut yang diberi tanda dari A sampai E:
1.      Naskah A yang terdapat di Masjid Agung Banten. Ukuran Naskah 45 x 30 cm, teks 40 x 23 cm. kondisi naskah sudah sangat menghawatirkan dikarenakan Kertasnya sudah rapuh dan jilidannya lepas. Pengeurus masjid tidak memperkenankan mengambil mushaf itu dari kotaknya, mushaf tersebut sudah tidak lengkap lagi, caption yang terdapat di sebelah naskah menyatakn bahwa mushaf tersebut ditulis pada 1553 M oleh  Faqih Najmuddin. Namun, yang mengatakan bahwa mushaf ini ditulis oleh Faqih najmuddin pada tahun 1553 M belum ada buktinya. Kertas yang digunakan adalah kertas Eropa, namun cap tas itu tidak dapat diidentifikasi, tinta yang digunakan adalah hitam, kecuali kepala surat dan lafadz “ Allah “ yang menggunakan tinta merah. Gaya kaligrafi yang digunakan ialah khat naskhi dengan kualitas yang cukup baik.

2.      Naskah B yang terdapat di masjid Agung Banten, berukuran 30 x 18 cm, dan teksnya 22 x 11 cm. al-Qur’an ini dengan terjemahan bahasa jawa. Agar naskah ini tetap terjaga maka pengurusnya meletakkan mushaf al-Qur’an ini didalam kaca dan tidak boleh dipegang oleh siapa pun kecuali pengurus.

3.      Naskah C yang terdapat di Makam Sultan Maulana Yusuf, ukuran naskah 49 x 30 cm, teksnya 43 x 24 cm. sebagai mana mushaf di atas, bahwa mushaf ini juga tidak lengkap dan sudah lepas jilidannya, artinya mushaf ini sekarang seperti lembaran-lembaran yang berserakan. Tinta yang digunakan berwarna hitam dan untuk nama Allah menggunakan tinta merah. Akhir ayat tidak bernomor, hanya diberi tanda lingkaran dan berwarna kuning. Kertas eropa tebal yang digunakan dalam mushaf tersebut dan Capnya tidak dapat diidentifikasi. gaya kaligrafi yang dipakai ialah khat naskhi, dengan penguasaan pena yang begitu baik. Tidak ada kolopon yang menjelaskan penulis dan tahun penulisannya. Namun, pada belakang bagian mushaf tertulis “Qur’an iki waqof ing masjid Agung kiyahi Faqih Najmuddin”.


4.      Naskah D terdapat satu wadah dengan naskah C. ukuran naskah 45 x 30 cm, teks 43 x 2 cm. mushaf ini juga sungguh sangat menghawatirkan, selain dari mushafnya yang tidak lengkap, teks dan tulisannya sudah tidak jelas lagi dikarenakan dimakan oleh rayap. Tinta yang digunakan ialah warna hitam dan merah. Gaya kaligrafi yang digunakan khat naskhi sederhana.

Naskah E terdapat di makam Pangeran Mas. Ukuran naskah 39 x 25 cm, teksnya 30 x 115 cm. kondisi mushaf 30 juz ini masih cukup baik, namun untuk bagian awal dan akhirnya hilang. Tebal mushaf 10 cm, dengan jilidan kulit. Mushaf ini sangat berbeda dengan mushaf  dari Banten lainnya, karena mushaf ini dilengkapi degan bacaan Qiraah sab’ah ditepi luar halaman, ditulis dengan tinta biru dan merah. Gaya tulisan yang digunakan sama seperti yang naskah C, namun tanda baca yang digunakan dalam mushaf itu berbeda. Mushaf ini tidak berkolopon, sehingga tahun dan penulisnya tidak diketahui. Penjaga mushaf ini pun tidak mengetahui asal usul mushaf ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.