Nama lengkap Imam Adz-dzahabi adalah Muhammad bin ahmad bin ‘Ustman
bin Qiimaz Ibn Syaikh ‘Abdullah Atturkmani Alfaariqi Addimasyqi Ibn Adzdzahabi.
Beliau mempunyai nama kunyah Abi ‘Abdillah dan mempunyai nama laqob Syamsuddin.
Beliau lahir di Kafarbathna (sebuah desa yang ada di damaskus) pada tahun 673
H. Beliau terkenal dengan sebutan Adzdzahabi, dimana nama itu merupakan nama
yang disandarkan kepada pekerjaan ayahnya yaitu tukang emas.
Ayah beliau bernama syihabuddin Ahmad bin ‘Ustman. Ayahnya adalah orang
yang baik, bertaqwa dan cinta ilmu sehingga ayahnya suka menuntut ilmu. Ayahnya
pernah mendengar kitab shohih bukhori pada tahun 666 H dari Miqdad bin
Hibbatillah Al-Qoysi.
Imam Adz-dzahabi menikah dengan seorang wanita dari negaranya yang
bernama fatimah binti Muhammad bin Nashrullah Ibn al-Qomar addimasyqiyyah dan dari
hasil perkawinanya beliau dikaruniai tiga orang anak, yaitu Ummatul ‘aziiz ummu
Salamah, Abu Darda ‘Abdullah, abu Hurairah ‘Abdurrahman.
Imam Adz-dzahabi
adalah orang yang sangat cinta ilmu, ini terbukti bahwa beliau sudah menuntut
ilmu sejak kecil. Pada masa kecilnya, beliau belajar ilmu sastra kepada ‘Alauddin ‘Ali bin Muhammad al-Halibi (yang
terkenal dengan Bashish). Hal ini berlangsung selama 4 tahun hingga kemudian
beliau belajar Dirasah Qur’an kepada
Mas’ud bin Abdullah al-Aghzazi al-Maqraiy (imam di salah satu mesjid yang ada
di Syaghur, Damsyiq). Kemudian, pada tahun 691 H beliau belajar dan menekuni
ilmu qiroat kepada Jamaluddin Abi Ishaq Ibrahim bin Daud al-Asqalani
al-Dimasyqy, akan tetapi hanya sampai surat Al-qoshosh karena gurunya terkena
penyakit lumpuh. Pada tahun yang sama, beliau juga belajar ilmu qiro’at pada
Jamaluddin Ibrahim bin Ghali bin Syawir al-Badawi al-Humairi. Dalam
belajar ilmu qiroat, beliau tidak hanya berguru pada satu dua guru saja,
melainkan kepada beberapa guru. Diantara guru-guru beliau dalam bidang qiro’at:
·
Abu al-Fadhal Thalhah bin Abdullah al-Halabi.
·
Yahya bin Ahmad as-Shawwaf (di Iskandariyyah sejak tahun 695 H)
·
Majduddin Abi Bakar bi Muhammad bin Qasim al-Marasi. Dll
Selain
itu, imam adzdzahabi juga memberikan perhatian besar kepada hadist dan tarikh.
Pada tahun 692 H, beliau mengambil hadist dari gurunya Abi Hafsh ‘Umar bin
‘abdul mun’im bin ‘abdullah bin al-Qowas addimasyqi, Abi fadhl bi Hibbatullah
ibn ‘asaakir, yusuf bin Ahmad bin Abi Bakr bin ‘ali al-Ghusuuli dll.
Adz-Dzahabi adalah salah satu
ulama yang menguasai berbagai macam bidang ilmu. Disamping menguasai ilmu
tersebut, beliau menuangkannya dalam bentuk tulisan. Beliau sangat produktif
dalam menulis. Karya beliau ratusan jumlahnya. Diantaranya adalah
-
Dalam bidang Qiro’at: At-talwihat fi ilm al-Qiraat,
-
Dalam bidang hadist: Al-arba’un al-buldaniyyah, Aststalastun
al-buldaniyayah, al-kalam ‘alaa Hadist at-Thoiri, al-Arba’un al-Muwaafaqot,
juz’un li ibn al-Kholad, juz’un li’abdil wahhab al-Iskandironi, juz’un
al-‘Afiif al-Mathori, Thuruqu Hadist ar-Rohmah dll
- Dalam bidang Mushtholahul Hadist: al-Ziyadah al-Mudhthoribah,
Thuruqu Ahadisti al-Nuzuul, Asmaa’u al-Ruwatu ‘an Malik, al-Muntaqo min
Asmaairrijal assulaimani, al-Muntaqo min al-jarhi wa al-ta’dili lil’ijli,dll
-
Dalam bidang ‘Aqidah: Ahadist ashshifaat, juz’un fii al-syafa’ati,
juz’un fii shifati al-naari, Ru’yatul baari, al-‘Arsy, dll
-
Dalam bidang fiqh:Tahriimu AdbaarinNisaa.
Dan
masih banyak lagi karya-karya beliau yang tidak penulis cantumkan.
Pendapat ulama tentang Imam Adzdzahabi:
Ø Tajuddin
as-Subki (murid adz-Dzahabi), beliau berkata bahwa pada masanya ada 4 orang
Hufadz yang umum dan khusus, yaitu al-Mizzy, al-Baizali, adz-Dzahabi, dan Imam
al-Walid. Selain mereka tidak ada lagi yang lain. Adapun adz-Dzahabi maka tidak
ada tandingan bagi beliau. Beliau merupakan syaikh Jarh wa at-Ta’di
Ø Shalahuddin
ash-Shafadi (murid adz-Dzahabi), menurut beliau adz-Dzahabi adalah seorang
hafidz, sangat dipercaya hadis dan rawi-rawinya. Beliau menghilangkan kesamaran
dalam tarikhnya.
Ø Abu al-Mahasin
al-Husaini (murid adz-Dzahabi), menurut beliau, adz-Dzahabi adalah Syaikh
al-Imam al-‘Allamah, Syaikh al-Muhadditsin, pemimpim al-huffadz dan Qurra’, dan
merupakan ahli hadistnya Syam.
Imam
Adzdzahabi wafat pada hari senin, tanggal 3 dzulhijjah tahun 748 H. Imam
Tajuddin Assubki menggambarkan detik detik terakhir imam Adzdzahabi. Imam
tajuddin berkata:”imam Adzdzahabi wafat pada senin tanggal 3 Dzulqo’adah tahun
748 H”.
oleh: Yuha dan Nafiz
0 komentar:
Posting Komentar