Sahabat Wisnoe . . . .
Kali ini kita akan mengkaji mengenai kitab tentang rijal-rijal dalam hadis, salah satu kitab yang berkenaan dengan hal itu adalah Imam Ibnu 'Asaakir . . .
Selamat Membaca . . . .
Kali ini kita akan mengkaji mengenai kitab tentang rijal-rijal dalam hadis, salah satu kitab yang berkenaan dengan hal itu adalah Imam Ibnu 'Asaakir . . .
Selamat Membaca . . . .
1. RIWAYAT HIDUP IBNU ‘ASÂAKIR (499 H- 571 H)
a. Biografi Ibnu ‘Asaakir
Beliau
adalah ‘Ali bin Hasan bin Hibbatullah bin ‘Abdullah bin Husain, Abu Qosim
al-Dimasqy al-Syafi’I atau lebih dikenal dengan Ibnu ‘Asaakir. Beliau lahir
pada bulan muharrom (awal bulan) hijriyah tahun 499 H di kota Damaskus, Syiria
(sekarang ini). Beliau hidup di keluarga terhormat, karena ayah beliau Hasan
bin Hibbatullah adalah seorang guru besar yang sholeh, adil, cinta ilmu
pengetahuan, rujukan para ulama dan ahli dalam bidang agama dan fiqih.[1]
Hal ini dikatakan oleh DR. Sholihuddin Al-Munjid dalam muqoddimahnya Ibnu
‘Asaakir pada jilid-jilid awal[2]:”
factor lingkungan sangat mempengaruhi Ibnu ‘Asaakir dalam kecakapannya
terhadap ilmu dan kecerdasannya. Beliau tumbuh dalam keluarga yang notabanenya
adalah qodhi, ahli dalam bidang hadis dan juga ahli dalam bidang fiqih”. Kakak
beliau yang bernama Sho’inuddin
Hibbatullah bin Hasan[3]
adalah seorang ahli fiqih dan mufti hadis, ahli membaca al-Qur’an degan
riwayatnya, ahli dalam bidang ushul dan nahwu, yang pernah belajar di madrasah
al-Aminiyyah miliknya Abi Hasan As-Sulami, pengajar, ahli fatwa, penulis yang
produktif dan imam yang tsiqqah yang kuat agamanay dan seorang yang wara’. Dan
saudara beliau yang bernama Muhammad bin Hasan bin Hibbatullah, atau Abu
‘Abdullah adalah seorang Qhodi’. kakek dari sebelah ibunya yang bernama Yahya
bin ‘Ali bin ‘abdul ‘Aziz[4]
adalah seorang qodhi dalam bidang fiqih, ulama yang tsiqqah.
Dari sekian banyaknya motivasi di atas, hal
inilah nantinya yang akan menjadikan dirinya giat dalam menuntut ilmu, dikarenakan
memang lingkungan beliau yang banjir akan ulama. Giatnya beliau dalam menuntut
ilmu terlihat ketika beliau terus menghadiri majlis ilmu, dan tempat-tempat
belajar yang didirikannya pada masa tersebut. Ternyata dengan kesungguhannya
dalam menuntut ilmu tersebut, hal itu menjadikan ia cerdas dan pecinta ilmu
pengetahuan. Beliau selalu berusaha memperhatikan dan memahami segala kondisi
yang terjadi di Dimasyqi dengan bimbingan seorang faqih Abu Hasan Ali bin
Musallim bin Muhammad bin ‘Ali as-Sulami yang merupakan pendiri madrasah
Al-Aminiyyan.
b.
Rihlah ke Baghdad dan Ajam (Selain Arab)
Setelah dewasa
beliau menyadari akan kekurangannya terhadap ilmu yang ia dapatkan dari
guru-guru yang berada di kampung halaman sendiri, akhirnya pada 520 H ia
putuskan untuk hijrah ke Baghdad pada umur 21 tahun. Dan pada waktu itu Baghdad
merupakan pusat ilmu pengetahuan di dunia islam dan para ulama fiqih, ulama
hadis, ulama yang ahli dalam bidang
ilmunya terkumpul di kota ini, serta penduduknya yang dikenal sebagai pecinta
ilmu pengetahuan. Sehingga banyak kitab-kitab hadis produk penduduk Baghdad
sebagai upaya pelestarian dan bukti kecintaan terhadap hadits. Dalam perlawatannya mencari hadits, beliau
sangat sungguh-sungguh dan berhati-hati dalam memilih guru hadis. Hal ini beliau
anti-wanti dengan enggan berpindah guru sampai ilmu yang diperoleh dari gurunya
tersebut benar-benar telah sempurna dan dapat dikuasai serta mendapat sanad
yang tinggi.
Sekali lagi,
Baghdad pada waktu itu adalah surganya dunia,
kotanya umat Islam, pusat agama islam, kota Mesopotamia, irak adalah
permata dunia, rumah para pemimpin islam, masyarakatnya yang beutis dan
baik-baik. Ternyata hal itu tidak membuat beliau silau akan keindahan di sana,
dan hidup berlama-lama di sana. Setelah satu tahun di Baghdad, pada tahun 521 H
beliau pergi ke Makkah, Mina dan Madinah, ketika di makkah beliau menyempatkan menunaikan
ibadah haji, sambil menuntut ilmu di sana, sempatlah disana beliau mendengarkan
sebuah kata-kata dari Abdullah bin Muhammad Al-Mishri yang memiliki Julukan
Al-Ghazal di makkah, Abdul Khallaq bin Abdul Waasi’ Al-Harwi di Makkah. Setelah
itu beliau kembali lagi ke Baghdad.
Setelah lebih
kurang lima tahun beliau tinggal di Baghdad dan telah banyak menguasai ilmu
baik dalam bidang fiqih maupun hadis dan macam-macam ilmu yang lainnya. Ibnu
‘Asaakir menyempatkan belajar juga ke kuffah dan Iraq yang berdekatan dengan
Baghdad. Dan di negeri inilah beliau banyak berteman dengan ahli hadis dan
fiqih, hingga akhirnya pada 525 H beliau pulang ke Damakus.
Setelah
pulang dari kota Baghdad beliau tetap bermulazamah dengan ulama, fuqoha dan
para muhaddis pada zamannya, sehingga beliau menjadi seorang yang alim dan
teman-temannya yang seumuran pada masanya tidak ada yang dapat menandingi
kapabilitas seorang Ibnu ‘Asaakir. Namun, hal itu tidak membuat beliau jumawa
dan menyombongkan diri dengan segudang ilmu yang beliau miliki. Beliau tetap
semangat untuk melanjutkan rihlah ‘ilmiyyahnya, adapun tujuan berikutnya dari
perjalanan beliau ini adalah negeri ajam atau lebih dikenal degan negeri-negeri
non-arab dengan alasan bahwa di Negara-negara tersebut masih banyak ahli hadis
dan fiqih yang belum terjangkau oleh beliau. Kota Ashbahan, Naisabur, Maru,
Tibraiz, Baihaq, Bustam, Damighan, Rai, Zanjan, dan kota-kota sekitarnya demi
meningakatkan kecintaannya terhadap hadis. Banyak sekali guru-guru yang beliau
jumpai di negeri ajam tersebut. Dan lebih kurang empat tahun beliau di negeri
ajam untuk bermulazamah dengan muhaddis, fuqoha dan ulama’ akhirnya beliau
pulang juga ke kampung halamannya yang terletak di Negara Syam.
c.
Guru-guru Ibnu ‘Asaakir
Dalam
perjalanannya mencari ilmu, baik itu di negeri sendiri atau pun dinegeri yang
pernah di singgahinya dalam menuntut ilmu, banyak sekali ulama terkemuka dan
itu ia jadikan sebagai guru. Ulama hadis dan ulama fiqih menjadi prioritas
utama yang ia tuju dalam rihlanya. hal inilah nantinya yang akan membentuk jiwa
beliau sebagai muhaddis handal dan ahli fiqih yang disegani.
Adapun
guru-guru beliau di kampong halaman sendiri (Syam) diantaranya ialah ayahnya
sendiri, Hasan bin Hibatullah. Dan ia juga pernah mendengar ilmu kepada Abi
Hasan Ali bin Musallim bin Muhammad bin
Ali Al-Sulami atau yang sering disbahkan kepada Al-Ghazali damaskus. Abdul
‘aziz Al-Katani, Hasan bin Ali Al-Barr, Haidaroh bin Ali, Abdurrazaq bin
Fadhil, Aba Qasim bin Abi ‘Ula dan masih banyak lagi ulma-ulama terkemuka yang
belum penulis cantumkan.
Di
Baghdad, Hibatullah bin Hushoin, ‘Ali bin ‘Abdul Wahid Al-Dainuri, Abi Ghalib
bin Buna’, hibatullah bin Ahmad bin Al-Thabari, Abi Hasan Al-Bari’, Ahmad bin
Muluk Al-Warraq dan Qodhi Abi Bakar. Di Kufah beliau menimbah ilmu dengan Umar
bin Ibrahim Al-Zaidi dan ketika di Iraq beliau sempat belajar ilmu kepada
Syaikh yang berada disana. Dan ketika di Naisaburi ia sempat berguru kepada Aba
Abdullah Al-Farra’.
Tercatat
guru yang telah beliau singgahhi baik itu ahli hadis ataupun ahli fiqih
berjumlah lebih kurang 1300 dan diantaranya 80 wanita. Adz-Dzahabi berpendapat:
“ Terhitung guru-guru di dalam mu’jam berjumlah 1300 syaikh dengan Al-Sima’, 46
guru dengan syair, 290 guru dengan ijazah, dan 80 wanita”.
d.
Karya Ibnu ‘Asaakir
Sepanjang hidupnya, Ibnu ‘Asaakir
mengabdikan jiwa dan raganya pada ilmu pengetahuan, hal ini terbukti dengan
banyaknya buah tangan yang beliau hasilkan dari pemikiran cerdas yang beliau
beliau miliki, tercacat 105 karya beliau yang kami temukan didalam muqaddimah
pentahqiqnya. Diantara karya-karya beliau itu adalah:
1.
Ittihafuz Zaahir
2.
Al-Ijtihad Fii Iqomatin Fard Al-Jihadi, yang berisi 40 hadis.
3.
Arba’unal Buldan
4.
Arba’una Hadiisan min Arba’una Syaikhon min Arba’ina Madinah.
5.
Aba’una At-Tuwal, sebanyak 3 jilid.
6.
Arba’una Al-Musaawah
7.
Arba’una Al-Mushafahat
8.
Al-Ahaadits Al-Khomasiyat wa Akhbar Ibnu Abi Dunya.
9.
Al-Ahaadits Al-Mutakhayyaroh fii Fadho’il Al-‘Asyaaroh, sebanyak 2
jilid.
10.
Akhbar Abi Amru Al-Auzaa’i
11.
Asyraf ‘Ala Ma’rifati fii Al-Hadits, 4 jilid.
12.
Amaali fii Al-Hadits
13.
Taarikh Al-Kabir Al-Dimasyqy.
14.
Tarikh Al-Mazzah.
15.
Al-Taali lihaditsi Malik Al-‘Ali, 19 juz.
16.
Tibyanu Al-Wahmi wa Al-Takhlit Al-Waaqi’ fi Al-Hadits Al-Atyat.
17.
Tabyiin Al-Amtan bil-Amri bil-Khitan.
18.
Tsawab Al-Shabri ‘Ala Al-Mushab Al-Walad
19.
Juz’u Al-Hadits Al-Haabut
20.
Siba’iyat fii Al-Hadits
21.
‘Awaly Al-Tsauri
22.
‘Awaly Malik, fii Al-Hadis, 50 juz.
23.
Fadl Ashab Al-Hadits
24.
Fadl Al-Jumratain
25.
Fadl Al-Rubuh
26.
Fadl ‘Asqolan
27.
Fadl Maqom Ibrohim
28.
Qoul fii Jumlati Al-Isnad fi Al-Hadits Al-Muayyad
29.
Kitab Al-I’tizaz bii Al-Hajroh
30.
Kitab Al-Sadasiyyah
31.
Kitab Tarqu Hadits ‘Abdullah bin Umar
32.
Kitab Fadl Makkah
33.
Kitab Fadl Madinah
34.
Kitab Fadl Bait Al-Muqadas
35.
Kitab Fadl Quraiys wa Al-Anshar wa Al-‘Asy’ariyyin wa Zam Al-Rafidah.
36.
Kitab Zam Al-Qorna’i Al-Su’
37.
Kitab Zam Man la Ya’mal bi ‘Ilmihi
38.
Kitab Ahadits Ahlu Shan’a’I Al-Syam
39.
Kitab Ahadits Abi Al-Asy’ast Al-Shon’any
40.
Kitab Yaum Al-Madzid
41.
Kitab Al-Khadob
42.
Kitab Al-Muslaslat
43.
Kitab Al-Kirom ‘Ala Ahlu Al-Harom
44.
Kitab Fii Al-Shifat
45.
Kitab Tarq Qabd Al-‘Ilmi
46.
Kitab Fadho’il Al-Shiddiq
47.
Kitab Kasyfu Al-Mughti fi Fadl Al-Muwatta’
48.
Kitab Ahlu Qoryah Al-Bilat
49.
Kitab Musalsal Al-‘idain
50.
Mu’jam Al-Syuyukh Al-Nubula’
Masih sekitar 55 kitab lagi yang
tercacat dalam cacatan pentahqiqnya yang tidak kami tuliskan disini dikarenakan
suatu hal.
e.
Pendapat Ulama tentang Ibnu ‘Asaakir
1.
Imam
Al-Subky[5]
berkata” Beliau (Ibnu ‘Asaakir) adalah Seorang Imamnya para syaikh, pembela
sunnah dan dengan kesungguhhannya dapat menakhlukkan setan. Seorang Imam Hadits
pada masanya, tidak ada seorang pun yang mengingkari kedudukannya, menjadi
tempat tujuan para penuntut ilmu,
pemersatu umat dan layaknya lautan yang tidak ada tepinya”.
2.
Ibnu
Khaldun[6]
berkata:” Beliau adalah seorang muhaddis negri syam pada eranya, dan permatanya
ahli fiqih Al-Syafi’I, yang terkenal dengan luasnya pengetahuan belia tentang
hadis”.
3.
Sa’ad
Al-Khair[7]
berkata:” Tidak pernah aku melihat yang sepadan dengan Ibnu ‘Asaakir”.
4.
Gurunya
Syaikh Al-Khattib Abu Fadl Al-Thusi[8],
berkata: Tidak kami ketahui seorang yang berhak atas gelaran yang sama
dengannya –
Yakni lafadz Al-Hafidz”. Bahwa
gelar Al-Hafidz di kota Damaskus pada masanya merupakan gelaran yang sangat
langkah.
5.
Syaikh
An-Nawawi[9],
berkata:” Beliau adalah hafidz syam dan juga hafidz dunia, imam yang mutlak,
tsiqqah dan tabit lagi”.
6.
Ibnu
Al-Dabitsi[10],
berkata :” beliau adalah salah satu orang yang terkenal yang diingat keluasan
ilmunya dan telah diakui kehafidz-annya”.
Masih
banyak lagi komentar-komentar ulama atas beliau yang belum terbacakan oleh
penulis. Selain dari itu beliau juga mendapatkan laqob-laqob seperti: tsiqqah
Al-Daulah, Shadrul Al-Hafidz, Naasihru Al-Sunnah, jamaalu Al-Sunnah,
Al-Tsiqqah.
[1] Thabaqoh
al-Syafi’I lissubki, 7/70.
[2] Tarikh Ibnu
‘Asaakir Jilid Pertama, halm. 11.
[3] Lihat,
Tarjamah fi Thabaqih al-Subki 7/ 324, Siratul A’lam 20/496, Wafayatul A’yan 2/
473.
[4] Siratul A’lam
20/64.
[5] Thabaqoh
AlSyafi’i: 7/216
[6] Wafayatu
Al-‘Ayan : 3/ 309
[7] Tazkiroh
Al-Huffaz: 4/1331
[8] Tazkiroh
Al-Huffaz : 4/ 1331, Tabaqoh Al-Subki: 7/218
[9] Tabaqoh
Al-Subki : 7/219
[10] Dzayyal Tarikh
Al-Baghdad: 15/ 301
0 komentar:
Posting Komentar