Home » » BIOGRAFI IBNU 'ASAAKIR

BIOGRAFI IBNU 'ASAAKIR



Sahabat Wisnoe . . . .
Kali ini kita akan mengkaji mengenai kitab tentang rijal-rijal dalam hadis, salah satu kitab yang berkenaan dengan hal itu adalah Imam Ibnu 'Asaakir . . .
Selamat Membaca . . . .


   1.  RIWAYAT HIDUP IBNU ‘ASÂAKIR (499 H- 571 H)
   a.  Biografi Ibnu ‘Asaakir
            Beliau adalah ‘Ali bin Hasan bin Hibbatullah bin ‘Abdullah bin Husain, Abu Qosim al-Dimasqy al-Syafi’I atau lebih dikenal dengan Ibnu ‘Asaakir. Beliau lahir pada bulan muharrom (awal bulan) hijriyah tahun 499 H di kota Damaskus, Syiria (sekarang ini). Beliau hidup di keluarga terhormat, karena ayah beliau Hasan bin Hibbatullah adalah seorang guru besar yang sholeh, adil, cinta ilmu pengetahuan, rujukan para ulama dan ahli dalam bidang agama dan fiqih.[1] Hal ini dikatakan oleh DR. Sholihuddin Al-Munjid dalam muqoddimahnya Ibnu ‘Asaakir pada jilid-jilid awal[2]:” factor lingkungan sangat mempengaruhi Ibnu ‘Asaakir dalam kecakapannya terhadap ilmu dan kecerdasannya. Beliau tumbuh dalam keluarga yang notabanenya adalah qodhi, ahli dalam bidang hadis dan juga ahli dalam bidang fiqih”. Kakak beliau yang bernama Sho’inuddin  Hibbatullah bin Hasan[3] adalah seorang ahli fiqih dan mufti hadis, ahli membaca al-Qur’an degan riwayatnya, ahli dalam bidang ushul dan nahwu, yang pernah belajar di madrasah al-Aminiyyah miliknya Abi Hasan As-Sulami, pengajar, ahli fatwa, penulis yang produktif dan imam yang tsiqqah yang kuat agamanay dan seorang yang wara’. Dan saudara beliau yang bernama Muhammad bin Hasan bin Hibbatullah, atau Abu ‘Abdullah adalah seorang Qhodi’. kakek dari sebelah ibunya yang bernama Yahya bin ‘Ali bin ‘abdul ‘Aziz[4] adalah seorang qodhi dalam bidang fiqih, ulama yang tsiqqah.
   Dari sekian banyaknya motivasi di atas, hal inilah nantinya yang akan menjadikan dirinya giat dalam menuntut ilmu, dikarenakan memang lingkungan beliau yang banjir akan ulama. Giatnya beliau dalam menuntut ilmu terlihat ketika beliau terus menghadiri majlis ilmu, dan tempat-tempat belajar yang didirikannya pada masa tersebut. Ternyata dengan kesungguhannya dalam menuntut ilmu tersebut, hal itu menjadikan ia cerdas dan pecinta ilmu pengetahuan. Beliau selalu berusaha memperhatikan dan memahami segala kondisi yang terjadi di Dimasyqi dengan bimbingan seorang faqih Abu Hasan Ali bin Musallim bin Muhammad bin ‘Ali as-Sulami yang merupakan pendiri madrasah Al-Aminiyyan.
   
   b.      Rihlah ke Baghdad dan Ajam (Selain Arab)
Setelah dewasa beliau menyadari akan kekurangannya terhadap ilmu yang ia dapatkan dari guru-guru yang berada di kampung halaman sendiri, akhirnya pada 520 H ia putuskan untuk hijrah ke Baghdad pada umur 21 tahun. Dan pada waktu itu Baghdad merupakan pusat ilmu pengetahuan di dunia islam dan para ulama fiqih, ulama hadis,  ulama yang ahli dalam bidang ilmunya terkumpul di kota ini, serta penduduknya yang dikenal sebagai pecinta ilmu pengetahuan. Sehingga banyak kitab-kitab hadis produk penduduk Baghdad sebagai upaya pelestarian dan bukti kecintaan terhadap hadits.  Dalam perlawatannya mencari hadits, beliau sangat sungguh-sungguh dan berhati-hati dalam memilih guru hadis. Hal ini beliau anti-wanti dengan enggan berpindah guru sampai ilmu yang diperoleh dari gurunya tersebut benar-benar telah sempurna dan dapat dikuasai serta mendapat sanad yang tinggi.
Sekali lagi, Baghdad pada waktu itu adalah surganya dunia,  kotanya umat Islam, pusat agama islam, kota Mesopotamia, irak adalah permata dunia, rumah para pemimpin islam, masyarakatnya yang beutis dan baik-baik. Ternyata hal itu tidak membuat beliau silau akan keindahan di sana, dan hidup berlama-lama di sana. Setelah satu tahun di Baghdad, pada tahun 521 H beliau pergi ke Makkah, Mina dan Madinah, ketika  di makkah beliau menyempatkan menunaikan ibadah haji, sambil menuntut ilmu di sana, sempatlah disana beliau mendengarkan sebuah kata-kata dari Abdullah bin Muhammad Al-Mishri yang memiliki Julukan Al-Ghazal di makkah, Abdul Khallaq bin Abdul Waasi’ Al-Harwi di Makkah. Setelah itu beliau kembali lagi ke Baghdad.
Setelah lebih kurang lima tahun beliau tinggal di Baghdad dan telah banyak menguasai ilmu baik dalam bidang fiqih maupun hadis dan macam-macam ilmu yang lainnya. Ibnu ‘Asaakir menyempatkan belajar juga ke kuffah dan Iraq yang berdekatan dengan Baghdad. Dan di negeri inilah beliau banyak berteman dengan ahli hadis dan fiqih, hingga akhirnya pada 525 H beliau pulang ke Damakus.
      Setelah pulang dari kota Baghdad beliau tetap bermulazamah dengan ulama, fuqoha dan para muhaddis pada zamannya, sehingga beliau menjadi seorang yang alim dan teman-temannya yang seumuran pada masanya tidak ada yang dapat menandingi kapabilitas seorang Ibnu ‘Asaakir. Namun, hal itu tidak membuat beliau jumawa dan menyombongkan diri dengan segudang ilmu yang beliau miliki. Beliau tetap semangat untuk melanjutkan rihlah ‘ilmiyyahnya, adapun tujuan berikutnya dari perjalanan beliau ini adalah negeri ajam atau lebih dikenal degan negeri-negeri non-arab dengan alasan bahwa di Negara-negara tersebut masih banyak ahli hadis dan fiqih yang belum terjangkau oleh beliau. Kota Ashbahan, Naisabur, Maru, Tibraiz, Baihaq, Bustam, Damighan, Rai, Zanjan, dan kota-kota sekitarnya demi meningakatkan kecintaannya terhadap hadis. Banyak sekali guru-guru yang beliau jumpai di negeri ajam tersebut. Dan lebih kurang empat tahun beliau di negeri ajam untuk bermulazamah dengan muhaddis, fuqoha dan ulama’ akhirnya beliau pulang juga ke kampung halamannya yang terletak di Negara Syam.
           
    c.       Guru-guru Ibnu ‘Asaakir
            Dalam perjalanannya mencari ilmu, baik itu di negeri sendiri atau pun dinegeri yang pernah di singgahinya dalam menuntut ilmu, banyak sekali ulama terkemuka dan itu ia jadikan sebagai guru. Ulama hadis dan ulama fiqih menjadi prioritas utama yang ia tuju dalam rihlanya. hal inilah nantinya yang akan membentuk jiwa beliau sebagai muhaddis handal dan ahli fiqih yang disegani.
            Adapun guru-guru beliau di kampong halaman sendiri (Syam) diantaranya ialah ayahnya sendiri, Hasan bin Hibatullah. Dan ia juga pernah mendengar ilmu kepada Abi Hasan Ali bin Musallim bin  Muhammad bin Ali Al-Sulami atau yang sering disbahkan kepada Al-Ghazali damaskus. Abdul ‘aziz Al-Katani, Hasan bin Ali Al-Barr, Haidaroh bin Ali, Abdurrazaq bin Fadhil, Aba Qasim bin Abi ‘Ula dan masih banyak lagi ulma-ulama terkemuka yang belum penulis cantumkan.
            Di Baghdad, Hibatullah bin Hushoin, ‘Ali bin ‘Abdul Wahid Al-Dainuri, Abi Ghalib bin Buna’, hibatullah bin Ahmad bin Al-Thabari, Abi Hasan Al-Bari’, Ahmad bin Muluk Al-Warraq dan Qodhi Abi Bakar. Di Kufah beliau menimbah ilmu dengan Umar bin Ibrahim Al-Zaidi dan ketika di Iraq beliau sempat belajar ilmu kepada Syaikh yang berada disana. Dan ketika di Naisaburi ia sempat berguru kepada Aba Abdullah Al-Farra’.
            Tercatat guru yang telah beliau singgahhi baik itu ahli hadis ataupun ahli fiqih berjumlah lebih kurang 1300 dan diantaranya 80 wanita. Adz-Dzahabi berpendapat: “ Terhitung guru-guru di dalam mu’jam berjumlah 1300 syaikh dengan Al-Sima’, 46 guru dengan syair, 290 guru dengan ijazah, dan 80 wanita”.
    d.      Karya Ibnu ‘Asaakir
Sepanjang hidupnya, Ibnu ‘Asaakir mengabdikan jiwa dan raganya pada ilmu pengetahuan, hal ini terbukti dengan banyaknya buah tangan yang beliau hasilkan dari pemikiran cerdas yang beliau beliau miliki, tercacat 105 karya beliau yang kami temukan didalam muqaddimah pentahqiqnya. Diantara karya-karya beliau itu adalah:
    1.      Ittihafuz Zaahir
    2.      Al-Ijtihad Fii Iqomatin Fard Al-Jihadi, yang berisi 40 hadis.
    3.      Arba’unal Buldan
    4.      Arba’una Hadiisan min Arba’una Syaikhon min Arba’ina Madinah.
   5.      Aba’una At-Tuwal, sebanyak 3 jilid.
   6.      Arba’una Al-Musaawah
   7.      Arba’una Al-Mushafahat
   8.      Al-Ahaadits Al-Khomasiyat wa Akhbar Ibnu Abi Dunya.
   9.      Al-Ahaadits Al-Mutakhayyaroh fii Fadho’il Al-‘Asyaaroh, sebanyak 2 jilid.
  10.  Akhbar Abi Amru Al-Auzaa’i
  11.  Asyraf ‘Ala Ma’rifati fii Al-Hadits, 4 jilid.
  12.  Amaali fii Al-Hadits
  13.  Taarikh Al-Kabir Al-Dimasyqy.
  14.  Tarikh Al-Mazzah.
  15.  Al-Taali lihaditsi Malik Al-‘Ali, 19 juz.
  16.  Tibyanu Al-Wahmi wa Al-Takhlit Al-Waaqi’ fi Al-Hadits Al-Atyat.
  17.  Tabyiin Al-Amtan bil-Amri bil-Khitan.
  18.  Tsawab Al-Shabri ‘Ala Al-Mushab Al-Walad
  19.  Juz’u Al-Hadits Al-Haabut
  20.  Siba’iyat fii Al-Hadits
  21.  ‘Awaly Al-Tsauri
  22.  ‘Awaly Malik, fii Al-Hadis, 50 juz.
  23.  Fadl Ashab Al-Hadits
  24.  Fadl Al-Jumratain
  25.  Fadl Al-Rubuh
  26.  Fadl ‘Asqolan
  27.  Fadl Maqom Ibrohim
  28.  Qoul fii Jumlati Al-Isnad fi Al-Hadits Al-Muayyad
  29.  Kitab Al-I’tizaz bii Al-Hajroh
  30.  Kitab Al-Sadasiyyah
  31.  Kitab Tarqu Hadits ‘Abdullah bin Umar
  32.  Kitab Fadl Makkah
  33.  Kitab Fadl Madinah
  34.  Kitab Fadl Bait Al-Muqadas
  35.  Kitab Fadl Quraiys wa Al-Anshar wa Al-‘Asy’ariyyin wa Zam Al-Rafidah.
  36.  Kitab Zam Al-Qorna’i Al-Su’
  37.  Kitab Zam Man la Ya’mal bi ‘Ilmihi
  38.  Kitab Ahadits Ahlu Shan’a’I Al-Syam
  39.  Kitab Ahadits Abi Al-Asy’ast Al-Shon’any
  40.  Kitab Yaum Al-Madzid
  41.  Kitab Al-Khadob
  42.  Kitab Al-Muslaslat
  43.  Kitab Al-Kirom ‘Ala Ahlu Al-Harom
  44.  Kitab Fii Al-Shifat
  45.  Kitab Tarq Qabd Al-‘Ilmi
  46.  Kitab Fadho’il Al-Shiddiq
  47.  Kitab Kasyfu Al-Mughti fi Fadl Al-Muwatta’
  48.  Kitab Ahlu Qoryah Al-Bilat
  49.  Kitab Musalsal Al-‘idain
  50.  Mu’jam Al-Syuyukh Al-Nubula’
Masih sekitar 55 kitab lagi yang tercacat dalam cacatan pentahqiqnya yang tidak kami tuliskan disini dikarenakan suatu hal.  
   e.       Pendapat Ulama tentang Ibnu ‘Asaakir
1.      Imam Al-Subky[5] berkata” Beliau (Ibnu ‘Asaakir) adalah Seorang Imamnya para syaikh, pembela sunnah dan dengan kesungguhhannya dapat menakhlukkan setan. Seorang Imam Hadits pada masanya, tidak ada seorang pun yang mengingkari kedudukannya, menjadi tempat tujuan para penuntut ilmu,  pemersatu umat dan layaknya lautan yang tidak ada tepinya”.
2.      Ibnu Khaldun[6] berkata:” Beliau adalah seorang muhaddis negri syam pada eranya, dan permatanya ahli fiqih Al-Syafi’I, yang terkenal dengan luasnya pengetahuan belia tentang hadis”.
3.      Sa’ad Al-Khair[7] berkata:” Tidak pernah aku melihat yang sepadan dengan Ibnu ‘Asaakir”.
4.      Gurunya Syaikh Al-Khattib Abu Fadl Al-Thusi[8], berkata: Tidak kami ketahui seorang yang berhak atas gelaran yang sama dengannya –
Yakni lafadz Al-Hafidz”.  Bahwa gelar Al-Hafidz di kota Damaskus pada masanya merupakan gelaran yang sangat langkah.
5.      Syaikh An-Nawawi[9], berkata:” Beliau adalah hafidz syam dan juga hafidz dunia, imam yang mutlak, tsiqqah dan tabit lagi”.
6.      Ibnu Al-Dabitsi[10], berkata :” beliau adalah salah satu orang yang terkenal yang diingat keluasan ilmunya dan telah diakui kehafidz-annya”.
            Masih banyak lagi komentar-komentar ulama atas beliau yang belum terbacakan oleh penulis. Selain dari itu beliau juga mendapatkan laqob-laqob seperti: tsiqqah Al-Daulah, Shadrul Al-Hafidz, Naasihru Al-Sunnah, jamaalu Al-Sunnah, Al-Tsiqqah.



[1] Thabaqoh al-Syafi’I lissubki, 7/70.
[2] Tarikh Ibnu ‘Asaakir Jilid Pertama, halm. 11.
[3] Lihat, Tarjamah fi Thabaqih al-Subki 7/ 324, Siratul A’lam 20/496, Wafayatul A’yan 2/ 473.
[4] Siratul A’lam 20/64.
[5] Thabaqoh AlSyafi’i: 7/216
[6] Wafayatu Al-‘Ayan : 3/ 309
[7] Tazkiroh Al-Huffaz: 4/1331
[8] Tazkiroh Al-Huffaz : 4/ 1331, Tabaqoh Al-Subki: 7/218
[9] Tabaqoh Al-Subki : 7/219
[10] Dzayyal Tarikh Al-Baghdad: 15/ 301

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.