Home » » UST. YAYAN (AHLI NAHWU SHOROF DAN HAFAL ALFIYAH)

UST. YAYAN (AHLI NAHWU SHOROF DAN HAFAL ALFIYAH)


Sahabat Wisnoe yang terhormat....

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas profil guru di pondok pesantren Qodratullah Langkan. Adapun yang terpilih menjadi publik figur pada kesempatan ini adalah Ust. Novitriansyah, S.Pd.I. berikut ini profilnya.






Mungkin sangat sedikit orang mengenal sosoknya, namun tidak dilembaga pondok pesantren Qodratullah Langkan. Ust. Novitriansyah, S. Pd.I. Itulah nama asli beliau, sosok yang sering disapa akrab dengan panggilan ust. Yayan tersebut merupakan pribadi yang handal dalam bidang kitab kuning atau kitab arab gundul. Kemahiran beliau didapat setelah kurang lebih 10 tahun menimba ilmu agama di pulau jawa, tepatnya di Purwodadi Jateng dan Banyuwangi Jatim. 



Selama di pulau jawa beliau menghabiskan waktu belajarnya di pondok pesantren Sirajut Tholibin (SIRBIN), Purwodadi. Di pondok tersebutlah karakter beliau mulai dibentuk sedemikian rupa, dari karakter menjadi mukmin yang kuat sampai menjadi karakter umat Islam yang benar-benar ber-tafaqquh fiddin. Setelah lebih kurang 7 tahun menimba ilmu di pon-pes SIRBIN, beliau melanjutkan pendidikan beliau ke pesantren Tamrinatul Wildan, Banyuwangi. Di pesantren ini beliau hanya menyemurnakan ilmu yang telah beliau dapat ketika mondok di SIRBIN. 


Keahlian beliau dalam membaca kitab kuning dibarengi dengan sistem dan program yang diikuti beliau ketika mondok di pesantren SIRBIN. Di pesantren SIRBIN, semua santri wajib bisa membaca kitab kuning -tanpa terkecuali -untuk bisa membaca kitab kuning tentunya santri diwajibkan menghafal pelajaran yang mendukung, seperti menghafal kitab Matn al-Jurumiyyah hingga Kitab Al-Fiyyah Ibnu Malik. (Bersambung......)

Mungkin demikian dulu profil Ust. Novitrianyah, S.Pd.I. Insya Allah akan kami lanjutkan profil beliau dilain kesempatan.


                 


Ust. Novitriansyah, S.Pd. I (urut nomor dua dari kiri) setelah mengkuti upaca bendera setiap tanggal 17. Tampak ditengah-tengah mudir Pon-Pes Qodratullah Langkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Diberdayakan oleh Blogger.