Home » » BIOGRAFI IBNU 'ADDIY

BIOGRAFI IBNU 'ADDIY


Berikut adalah muqaddimah penerbit yang cukup komprehensif membahas seputar kitab al-Kamil dan pengaranya, Ibn ‘Addi.  Keterangan biografi pengarang, tentang kitab al-Kamil mulai metode dan sistematika kitab sampai kepada percetakan kitab ini.
A.    Ibnu ‘Addiy dan Kitabnya
Di dalam Muqaddimah meliputi beberapa pembahasan tentang pengarang dan kitabnya yaitu:
a.      Zaman Ibn Adiy dan Lingkungan Hidupnya
a)        Kondisi Politik
Ibnu ‘Addiy hidup di dua masa yaitu abad ke-3 dan ke-4 H yakni 277—365 H.  masa ini adalah masa kelemahan dan kemunduran dinasti Abbasiyah, seta mulai munculnya perpecahan dan munculnya daulat-daulat kecil yang dipimpin oleh pemimpin yang meremehkan khalifah dan khilafah. Sekalipun mereka tetap mengakui kekhalifahan Abbasiyah dan mendoakan khalifah Abbasiyah di setiap khotbah di hari Jum’at dan hari Raya. Dan tidak heran bila bergabung dan memisahkan diri dari khilafah Abbasiyah.  
 Diantara daulah-daulah kecil tersebut:
1.      Daulah al-Shafariyah dipimpin oleh:Ya’qub ibn Laits
2.      Daulah al-Samaniyah , didirikan oleh: Isma’il ibn Ahmad al-Samaniy. Daulah ini memiliki cabang:
1)      Daulah Ghaznawiyah, lahirlah dari daulah ini Sultan Mahmud al-Gaznawi, penakluk India
2)      Daulah Bani Buwaih: daerah Persi, Hamzan, dan Isfahan
3)      Daulah Bani Hamdan : daerah Mongol dan Halb
4)      Daulah Thuluniyah: Mesir
5)      Daulah al-Akhsyidiyah: Mesir
6)      Daulah Fatimiyah:  Mesir
7)      Semua itu dinisbahkan kepada pemisahan diri Andalusia dari Bani Abbas
b)      Kondisi Sosial: keadaan politik daulah Abbasiyah yang terpecah belah ini berefek kepada social, ekonomi, agama, dan budaya.
Dalam aspek social daulah-daulah ini merupakan jejak kemajuan peradaban, serta kemajuan masyarakat Islam. Dan perpindahan pusat peradaban dan kemajuan dari Bagdad ke kota-kota yang saling bersaing di berbagai bidang.
Diantara kota-kota tersebut adalah: Kordova, Bukhara, Gaznah, dan Halb
c) Kondisi Ekonomi: ekonomi masing daulah salig bekerja sama dan bersaing dalam perekoomian, perhatian yang besar terhadap pertania, irigasi, perindustrian (kerajinan) serta perdagangan. Sehingga membawa kemajuan dan kemakmuran.
d) Aspek pengatahuan: persaingan daulat-daulat ini tidak terbatas pada ekonomi saja namun persaingan terbesar adalah di bidang pengetahuan atau pemikiran. Hamdaniyah mendominasi wilayah Halb, dan kemajuan ini sangat tampak di Andalusia.
e)  Aspek Agama: Aspek inilah yang paling penting disisi pemimpin dan pemerintahan. Persaingan antar mazhab agama sangat tampak. Tersebarlah pokok-pokok syiah, khususnya ismailiyah di banyak kota. Begitupun mu’tazilah dan sufiyah. Daulah Abbasiyyah sangat disibukkan oleh gerakan-gerkan tersebut, mungkin ini salah satu factor melemahnya Daulah Abbasiyyah, yakni perpecahan internal Islam sendiri,

b.      Pembahasan Tentang Riwayah dan Para Rawi
Dalam muqaddimah dipaparkan sedikit tentang ilmu rijalul hads yang mencakup tentang tarikh al-ruwah dan al-jarh wa ta’dil
c.   Kitab – Kitab tentang Rawi-Rawi  Dhu’afa’ dan Majruhin
Diantara kitab srupa dengan al-Kamil adalah:
1.      Kitab Dhu’afa’ al-Kabir, al-Bukhari
2.       Kitab Dhu’afa’ al-Shagir, al-Bukhari
3.       Dhu’fa’ wal Matrukun, al-Nasa’i
4.      Kitab al-Dhu’fa’, Abi Hatim ibn Hibban al-Busti
5.      Mizan al-i’tidal,  al-Zahabi Abi Abdillah Muhammad ibn Ahmad
6.      dsb
d.   Biografi Ibn ‘Addiy
Nama lengkap beliau adalah al-Imam al-hafizh al-Kabir al-Naqid al-Khabir, yakni Abu Ahmad Abdullah Ibn ‘Addy ibn Abdillah Ibn Muhammad al-Jurjani. Lahir pada hari Sabtu awal ZulQaedah pada tahun 277H. Hidup dan tinggal di Jurjan dan menulis hadis disana pada tahun 290H dari Ahmad ibn Hafash al-Sa’di dan lainnya. Beliau melakukan pengembaraan mencari ilmu ke berbagai daerah, dimulai dari tahun 297 H ke Makkah, Madinah, Syam, Mesir, Iraq dan Khurasan. Beliau wafat pada Jumadil akhir tahun 365H.
            Adapun guru-guru beliau sangat banyak sekali, sebagaimana disebutkan dalam Mu’jamnya yaitu lebih dari 1000 syaikh. Diantaranya adalah: Abdul Rahman ibn al-Qasim al-Rawas, Abu ‘Aqil, Anas ibn as-Salam, bahlul ibn Ishaq al-Anbari, Muhammad ibn Yahya al-Marwazi, Abu abdirrahman al-nasa’ial-hasan ibn Sufyan, Abu Ya’la al-Mausholi, al-hasan ibn Muhammad al-Madini, Abu ‘Arubah, dan lain-lain.
            Sedangkan murid beliau juga banyak sekali diantara mereka adalah : Abu al-Abbas ibn ‘Uqdah, Abu Sa’d al-malini, al-hasan ibn Ramin, hamzah al-Sahmi, Abu al-Husain Ahmad ibn al-‘Ali, dan Muhammad ibn Abdillah ibn Kuwaih.
            Pujian ulama terhadap beliau adalah seorang ahli ilmu yang mengumpul ta’dil dan tazkiyah. Kitab al-kamil adalah sebuah karya yang luar biasa yang sampai sekarang menjadi sumber rujukan para ulama. karena itu Ibnu 'A‘ddi disebut Shahibul Kamil. Hamzah al-Sahmi mengatakan  Ibnu ‘Addi adalah hafizh mutqin tidak ada ulama semasa Ibn ‘Addi yang sebanding dengan beliau.
Al-Khalili: Ibn ‘Addi dalam segi hafalan dan kemuliaan tidak ada bandingannya, begitu juga kata Ibn Abi Muslim.
Al-Imam al-Zahabi: hafizh dalam bidang ‘ilal dan rijal
Ibn Nashir al-din: ibn ‘Addi adalah imam hafizh kabir siqah ma’mun yang punya kitab Jarh wa ta’dil yag diberi nama al-kamil, kitab yang sangat mulia dan banyak/tebal.

Karya-karya beliau: konsentrasi pada ilmu tarikh al-rijal diantaranya adalah :
1.  Al-Kamil fi Dhu’afa al-Rijal
2. Asma’ al-Shahabah, naskah tulisan ditemukan di madinah dan Istambul
3. Usami man rawa ‘anhum al-Bukhari, disimpan di perpustakaan Zhahiriyah, Damaskus
4.    ‘Ilalul Hadis 8 juz
5.  Mu’jam syuyukhih, tidak ditemukan
6. Jam’u ahadis Malik ibn Anas, al-Auza’I, Sufyan al-Sauri, dan Syu’bah, serta ismail ibn Abi Khalid wa Jama’ah min al-muqallin, kitab ini tak ditemukan
7. Al-Intishar ‘ala Mukhtashar al-Mazni fi Furu’ al-Syafi’iyyah, tidak ditemukan.[1]
oleh: Zuraidha dan Chipong


[1] Muqaddimah cetakan ke-3, hlm. ك dan hlm.  ب (PDF)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.