Home » » WISATA ALAM DI DESA SIDANG EMAS

WISATA ALAM DI DESA SIDANG EMAS



Sahabat Wisnoe . . . .
Pada hari ini kita akan berjalan-jalan ke negri yang indah, penuh panaraoma alam yang mengagumkan dan layak untuk dijadikan tempat merefreshkan otak, serta menghilangkan setres. Adapun tempat tersebut addalah Sidang Emas. Sidang Emas adalah sebuah desa yang terletak di ujung barat kabupaten Banyuasin, desa ini bertetanggaan dengan sebelah barat desa Tebing Abang dan Pengumbuk, sebelah timur desa Rimba Alai dan Ujung Tanjung, sebelah Selatan desa Sungai Sene dan Pagar Bulan, sebelah utara desa Galang Tinggi. Desa Sidang Emas dikenal indah, karena di desa tersebut terdapat berbagai macam bentuk wisata alam, diataranya Lebak Lebung Kapas, Lebak Brangmangkas, Sungai Musi, Sungai Pelawan, Puyang Andon, Masjid At-Taqwa.

Pertama, Lebak Lebung Kapas
Lebak Lebung Kapas adalah sebuah kawasan persawahan apabila pada musin sawah, dan akan menjadi rawa ketika musim hujan. Biasa lebak ini dijadikan tempat anak-anak bermain mandi ketika musim hujan. Adapun letak lebak ini terdapat di dusun lebung kapas, dusun satu desa Sidang Emas, posisi tempatnya diujung desa.


Kedua, Lebak Brangmangkas
Lebak Brangmangkas adalah sebuah wilayah persawahan dominannya, dan akan menjadi rawa ketika musim hujan, dan ketika dilihat dari awan maka kelihatan seperti waduk, karena posisi dari lebak ini ketika musim hujan akan tertutupi oleh genangan air, sehingga ia kelihatan seperti waduk atau rawa. Adapun letak lebak Brangmangkas ini di sebelah selatan desa Sidang Emas, bertepatan dengan kampung persawahan masyarakat.


Ketiga, Sungai Musi
Sungai Musi menjadi ikon di Palembang khususnya dan umumnya di Sumatera Selatan. Namun, Sungai Musi tidak hanya mengelilingi kota Palembang, tetapi juga wilayah-wilayah yang lainnya seperti di desa Sidang Emas. Di sebelah selatan desa Sidang Emas, terdapat juga sungai Musi, tidak berbeda dengan sungai Musi yang ada di Palembang, sungai Musi ini juga luas dan juga terdapat kapal ketek, kapal "Motor" dan sekoci yang menjadi alat tronsportasi andalan masyarakat sungai Musi. Adapun letak sungai Musi ini tepatnya di desa tetangga Sidang Emas, yaitu desa Sungai Sene.

Keempat, Sungai Pelawan
Sungai pelawan adalah nama sebuah rawa yang masih berbentuk hutan liar, karena disana konon menurut masyarakat terdapat ular besar, yang besarnya seperti pohon kelapa. Di Sungai Pelawan terdapat warisan-warisan masa lampau, seperti pohon-pohon yang besar, suasana hutan yang liar, dan kondisi hutan rambai atau rumbai yang indah. Letak Sungai Pelawan di sebelah barat desa Sidang Emas, tepatnya di dusun lorong B desa Sidang Emas.

Kelima, Puyang Andon
Puyang Andon adalah sebuah kawasan mistis dan angker kata masyarakt Sidang Emas, karena dikawan ini merupakan tempat jin membuang anak. Hampir setiap warga yang melewati kawasan ini akan mendengarkan suara-suara aneh, seperti suara kuntilanak. Kawasan Puyang Andon ini terdiri dari hutan-hutan terlarang dan ada satu kuburan, dan konon kuburan itu berasal dari orang luar desa yang meninggal di desa itu katanya. Letak Puyang Andon di sebelah timur desa Sidang Emas, tepatnya dibelakang dusun Lebung Kapas.

Keenam, Masjid al-Taqwa
Masjid al-Taqwa adalah sebuah masjid pertama yang ada di desa Sidang Emas, konon cerita, dibawah masjid ini terdapat kepala naga emas yang menjadi legenda tersohor di kabupaten Banyuasin. Dan di kawasan masjid inilah asal-usul nama desa Sidang Emas terbentuk. Masjid ini sebagaimana bentuk-bentuk masjid pada umumnya, namun pada periode pertama pembangunannya masjid ini masih terlihat kuno, sekarang masjid ini sudah direnovasi dan bentuknya sekarang seperti masjid-masjid di Indonesia. Adapun letaknya di tengah desa Sidang Emas.


4 komentar:

  1. didesa,masjidnya sudah megah seperti itu..bagaimana,masjid yg ada dikota. pasti bak istana...

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
    Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
    Harga Tiket The Lodge Maribaya

    Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

    Virtual Tour Indonesia

    Harga Tiket agung fantasi waterpark

    Harga Tiket watersplash darmawangsa

    Harga Tiket rinjani waterpark

    Harga Tiket Go splash panjibuwono

    Virtual Tour Indonesia

    BalasHapus
  3. Kok masjidnye dk relevan, regan cine, Bukit Tujuh

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

Entri yang Diunggulkan

SIDANG EMAS, DESA YANG PUNYA SEGALANYA

Sahabat Wisnoe ...... Pada kesempatan ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 10:42 kita akan membicarakan sedikit tentang desa kelahiran...

Diberdayakan oleh Blogger.